Sabtu, 17 September 2011

PROGRAM Pengembangan Perikanan Sula

Admin: Untuk mewujudkan Visi Pembangunan Daerah Kabupaten Kepulauan Sula, terkait kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan maka Dinas Kelautan Dan Perikanan mengimplementasikan berbagai program kegiatan penting yakni: Penguatan Kapasitas Sumberdaya Manusia Nelayan dan Aparatur, Program peningkatan pengelolaan dan pengembangan pemanfaatan sumberdaya kelautan dan perikanan, Program peningkatan kapasitas masyarakat pesisir dan nelayan, Program Peningkatan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil dan Program Peningkatan desiminasi teknologi sistem informasi kelautan dan Perikanan.
Adapun proyeksi program dan kegiatan tersebut, yang diprioritaskan yaitu sebagai berikut:
  • Pengembangan Budidaya Perikanan;
  • Pengembangan Sarana Dan Prasarana Tangkap;
  • Pengembangan Sistem Penyuluhan Perikanan;
  • Pengembangan Kawasan Budidaya Laut, Air Payau Dan Air Tawar;
  • Pengembangan Kawasan Minapolitan;
  • Pengembangan Sistem Pengendalian Sumberdaya Perikanan;
  • Pengembangan Sarana dan Prasarana Pengembangan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.
  • Pengembangan Sistem Informasi Dan Data Perikanan.
Selanjutnya Untuk mendukung Rencana Strategi Pembangunan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Sula terkait upaya pengembangan sumberdaya Kelautan dan Perikanan baik perikanan tangkap maupun budidaya perikanan, maka orientasi pengembangannya diimplementasikan melalui penetapan kawasan prioritas yaitu dengan ditetapkannya kawasan andalan yakni Kawasan Sula Besi dan sekitarnya, Kawasan Mangoli dan sekitarnya, Kawasan Taliabu dan sekitarnya. Kemudian ditetapkannya Kawasan Unggulan, terkait Eksistensi Kawasan Sentra Produksi (KSP) yang ditetapkan dengan maksud untuk mengembangkan sistem agribisnis yang bertumpu pada sumberdaya lokal, berorientasi lokal maupun keluar dengan melibatkan semua masyarakat agribisnis. Beberapa KSP bidang kelautan adalah: KSP Ikan Pelagis di Taliabu dan Mangoli. KSP Ikan Pelagis Kecil di Sulabesi, Taliabu dan Mangoli. KSP Ikan Demersal di Mangoli dan Taliabu dan KSP Budidaya Rumput Laut dan Ikan di Sulabesi dan Taliabu.

1 komentar:

  1. lanjutkan,,,,!!!!kita ketahui bahwa laut di daerah kepulauan sula merupakan sumberdaya yang masi asli,,,,itu bisa menjadi sumber penghidupan bagi kita dan merupakan sumber devisa yg besar bila di manfaatkan dengan baik...

    saya pribadi mendukung adanya program seperti di atas.kami sebagai putra daerah bangga dengan daerah kami sendiri!!!!
    MAJU TERUS,,,,,

    BalasHapus